Manfaat CCTV pada berbagai Bidang

Jakarta, 14 September 2020 | PT. Printcom Solusi

1. CCTV sebagai alat pencegahan kejahatan

Sistem pengawasan CCTV memainkan peran penting dalam memerangi dan mencegah kejahatan di suatu lokasi. Manfaat CCTV yang ditempatkan di sejumlah tempat mampu mengidentifikasi tersangka dan memberikan informasi mengapa suatu kejahatan bisa terjadi. Selain memerangi terorisme, sistem keamanan CCTV yang dipasang di tempat umum atau rumah pribadi dapat mencegah kejahatan, menyediakan petunjuk bagi polisi dan, membantu warga merasa lebih aman. Kebanyakan sistem CCTV sekarang sudah menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan kinerja, manuver, dan umpan balik yang lebih cepat dibandingkan dengan sistem kamera analog.

Apa saja jenis kejahatan yang dapat dicegah oleh sistem CCTV?

Bukti menunjukkan bahwa sistem CCTV sebagian besar mampu menghalangi kejahatan pencurian dan perampokan pada suatu properti, tapi tidak kejahatan dengan kekerasan seperti pemerkosaan dan penyerangan. Sistem CCTV mungkin tidak dapat menangkap kejadian yang terjadi jauh dari kamera. Untungnya dalam kebanyakan situasi, penjahat umumnya menghindar dari daerah-daerah yang dipantau sistem CCTV karena takut rekaman gambar dapat mengidentifikasi dirinya dan digunakan sebagai bukti di pengadilan. Agar sistem CCTV efektif, sistem harus digunakan bersama dengan pengetahuan dan keterampilan manusia yang menggunakannya.

Manfaat CCTV untuk Pengawasan Lalu Lintas

Kamera CCTV yang dipasang pada lampu merah dan persimpangan yang sibuk akan memberikan informasi bagi petugas lalu lintas. Ia juga dapat dipadukan dengan sensor yang dapat menangkap kendaraan yang melanggar batas kecepatan maksimum sekaligus merekam bukti gambar beserta tanggal dan waktu kejadian. Menurut sebuah penelitian di tahun 2004, menunjukkan penurunan jumlah kecelakaan kendaraan di hampir semua persimpangan lampu merah. Juga kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi yang menerobos lampu merah menurun setelah dilakukan pemasangan kamera CCTV.

Manfaat CCTV di bidang Lalu Lintas :
1. Memberikan informasi terbaru kondisi lalu lintas bagi pengguna jalan
2. Membantu petugas polisi lalu lintas dalam mengurai kemacetan
3. menangkap pelaku kebut-kebutan,
4. membuat jalan lebih aman karena pengemudi akan lebih berhati-hati bila diawasi,
5. membantu petugas penyelamat bergerak cepat bila terjadi kecelakaan, dan
6. memungkinkan aparat penegak hukum untuk fokus pada tugas-tugas lainnya.

Selain manfaat, penggunaan CCTV untuk pengawasan lalu lintas juga tidak disetujui oleh beberapa pihak. Penentang kebijakan adanya kamera untuk pengawasan lalu lintas berpendapat bahwa kamera digunakan sebagai perangkat untuk menghasilkan uang, memberikan terlalu banyak kontrol bagi perusahaan kamera, dan dapat menyebabkan tabrakan dari belakang karena sopir dapat berhenti tiba-tiba bila ia melihat adanya kamera di lampu merah. Agar bukti pelanggaran lalu lintas akurat, foto pengemudi bersama dengan plat nya harus tertangkap dengan jelas. Jika foto tersebut tidak sesuai dengan pemilik kendaraan, pengemudi tidak harus bertanggung jawab untuk membayar tilang. Perdebatan penggunaan kamera CCTV di lampu merah persimpangan masih terus terjadi.

Pengawasan Kinerja Karyawan di Tempat Kerja

Manfaat CCTV di tempat kerja adalah untuk memonitor perilaku karyawan, meningkatkan produktivitas, dan mencegah pencurian. Namun selain alasan pemasangan kamera pengintai tersembunyi untuk alasan yang baik, adanya kamera juga dapat mengganggu privasi karyawan. 4 jenis pelanggaran privasi yang bisa terjadi di toko, pabrik dan kantor dapat berupa.

1. Privasi pekerja saat menggunakan kamar mandi dan ruang ganti pakaian
2. Publikasi masalah pribadi karyawan
3. Pengungkapan catatan medis
4. Penggunaan video dan gambar karyawan untuk tujuan komersial

Selain itu, video surveillance harus terbatas pada gambar visual saja dan tidak boleh menyertakan audio untuk mematuhi undang-undang federal dan negara. Pengusaha harus proaktif dan menyadari empat pelanggaran privasi ini sehingga hak-hak individu karyawan tetap dihormati dan dilindungi.

Bagaimana mencapai keseimbangan monitoring yang tidak mengganggu privasi karyawan

Pertama, pengusaha perlu menjelaskan pada karyawan bahwa hak privasi mereka dijamin. Kemudian karyawan harus diberitahukan secara tertulis tentang adanya pengawasan dan mereka juga harus menandatangani surat pernyataan memverifikasi bahwa mereka tahu sedang dipantau. Manajemen harus menentukan apa saja jenis pengawasan yang dilakukan dan kamera tidak boleh dipasang dikamar mandi, toilet, ruang ganti, area merokok, dan lounge karyawan. Ini adalah tempat khusus untuk kenyamanan, kesehatan karyawan atau untuk menjaga harta benda mereka. Namun, pengusaha juga harus peka terhadap pengawasan di tempat lain di mana karyawan mungkin membutuhkan istirahat.

Pengusaha harus sepenuhnya sadar akan risiko privasi yang terkait dengan rekaman video karyawan sehingga kemungkinan litigasi berkurang. Perusahaan juga harus memelihara lingkungan kerja di mana karyawan dapat menyuarakan privasi atau kekhawatiran tentang keamanan tanpa merasa percakapan mereka sedang dipantau. Singkatnya, jika pengusaha memilih untuk menggunakan video surveillance di tempat kerja, mereka harus mematuhi pedoman privasi tertulis yang akan membuat karyawan aman dan juga tetap menghormati privasi mereka.

Manfaat penggunaan CCTV di Sekolah

Banyak sekolah umum telah dilengkapi dengan sistem pengawasan CCTV untuk meningkatan keselamatan dan keamanan para siswanya. Memasang IP Camera di sekolah adalah proyek yang cukup mahal. Pihak sekolah harus yakin bahwa ini adalah solusi yang paling tepat untuk mencegah pencurian, kerusakan properti, dan untuk mencegah orang luar memasuki properti sekolah. Meskipun banyak sekolah yang telah menerapkan sistem pengawasan CCTV menghadapi masalah privasi dari orang tua, siswa dan masyarakat, namun rekaman CCTV adalah bukti fisik yang penting dan dapat digunakan ketika suatu kejahatan terjadi.

Mengapa sekolah harus menggunakan sistem video surveillance?

Umumnya sekolah SMP dan SMA menginstal sistem video surveillance untuk mencegah vandalisme, memantau aktivitas siswa untuk menghindari terjadinya perkelahian, pelanggaran aturan sekolah atau pencurian. Kebanyakan sekolah memasang peralatan pengawasan video untuk membantu siswa fokus pada studi mereka dan tidak perlu khawatir tentang kekerasan yang terjadi di luar sekolah. Kamera umumnya ditempatkan di dekat pintu masuk, lorong-lorong, tangga, area umum dan tempat parkir yang dipantau 24 jam sehari, dan 7 hari dalam seminggu.

Manfaat CCTV di Sekolah

1. Memberikan pihak sekolah informasi dan bukti bila terjadi pelanggaran aturan sekolah.
Kamera mencegah terjadinya kejahatan dan dapat menyebabkan siswa yang melanggar mengakui kesalahannya walaupun ia sebenarnya tidak tertangkap kamera CCTV.
2. Memungkinkan aparat keamanan sekolah untuk melakukan tugasnya dengan lebih efisien yang akan lebih menghemat uang dalam jangka panjang karena tugas patroli dan pengawasan bisa dilakukan oleh sistem keamanan.
Bila terjadi pencurian dan vandalisme, bisa diganti oleh pihak asuransi dengan bukti rekaman CCTV.

Pengawasan keamanan di Bis Sekolah

Karena peningkatan kekerasan di sekolah dan kekhawatiran orangtua tentang perilaku pengemudi bus, adanya kamera di bus sekolah telah meningkat. Dengan ancaman teroris, kekerasan geng, bullying maka memasang kamera pengawasan di bus sekolah adalah langkah yang logis. Banyak sekolah menggunakan DVR multi-channel yang dapat merekam tampilan beberapa kamera baik di dalam dan di luar pintu bus.

Kamera ini juga memiliki audio, GPS, dan dapat memberikan informasi real-time mengenai kecepatan, pengereman, dan aktivasi sinyal keselamatan bus ini. DVR dapat mulai merekam secara otomatis bila terjadi insiden yang disertai tanggal dan waktu kejadian. Bus juga dapat memiliki tombol panik sehingga ketika supir menekan tombol tersebut maka penanda khusus akan muncul pada rekaman membuat insiden tersebut mudah ditemukan. Satu dari empat kamera juga dapat merekam audio, namun hal ini masih ditentang beberapa kalangan karena melanggar privasi.

Karena kamera terlihat dengan jelas maka penumpang akan tahu bahwa mereka sedang direkam. Video surveillance sebagai tindakan pencegahan pada bus sekolah ditunjukkan untuk meningkatkan pengelolaan masalah perilaku di bus, dan ia dapat membantu administrator sekolah menghadapi individu yang terlibat segera setelah insiden terjadi. Sistem pengawasan video juga memberikan perlindungan jika ada tindakan hukum terhadap pengemudi. Sistem pengawasan video adalah investasi jangka panjang yang harus dirawat dan diupgrade secara berkala. Jika digunakan dengan benar, sistem pengawsan dapat meningkatkan keselamatan siswa, mencegah masalah disiplin, dan mencegah vandalisme.

Sumber : http://cctvpros.co.id/manfaat-cctv-pada-berbagai-bidang/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *